Log in

Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Bali Democracy Students Conference (BDSC) II

Thursday, 06 September 2018 16:05

BALI DEMOCRACY STUDENTS CONFERENCE (BDSC) II
“Democracy for Prosperity: Youth Perspectives”

Nusa Dua, Bali, 6-7 Desember 2018

 

Bersamaan dengan penyelenggaraan Bali Democracy Forum XI (BDF XI), Kementerian Luar Negeri RI kembali akan menyelenggarakan Bali Democracy Students Conference (BDSC) di Nusa Dua, Bali, tanggal 6-7 Desember 2018. BDSC II ini akan mengangkat tema “Democracy for Prosperity: Youth Perspectives”.

Sebagaimana diketahui, BDSC merupakan pengembangan dari BDF, yaitu forum internasional antarpemerintah yang diprakarsai Indonesia pada tahun 2008 dan dinilai telah turut memberikan kontribusi penting bagi upaya-upaya pemajuan demokrasi, khususnya di kawasan Asia Pasifik.

Menginjak tahun ke-11, BDF telah berkembang dengan adanya pertemuan “BDF Chapter Tunis” di Tunisia (Oktober 2017), “BDF Chapter Berlin” di Jerman (September 2018) dan BDSC II.

BDSC II ditargetkan akan diikuti oleh 150 mahasiswa dari dalam dan luar negeri. Selama 2 hari para peserta akan membahas isu-isu demokrasi dan kesejahteraan dari sudut pandang pemuda.

Sebelumnya, BDSC I yang diselenggarakan pada bulan Desember 2017 diikuti oleh 150 mahasiswa baik dari dalam maupun luar negeri. Pertemuan tersebut mengangkat tema “From Campus for Democracy” dan menghasilkan dokumen “Voice of the Youth”.

Pendaftaran untuk mengikuti seleksi menjadi peserta BDSC II dibuka bagi mahasiswa Indonesia (WNI) dan wajib dilakukan secara online, melalui link berikut: Pendaftaran.

Persyaratan calon peserta:

1. Mahasiswa Indonesia (WNI) Strata 1, minimal semester 5, atau Strata 2 dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan luar negeri, yang memiliki ketertarikan pada isu-isu sosial politik, khususnya demokrasi.;
2. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris secara lisan dan tulisan yang baik. Bagi calon peserta yang melampirkan sertifikat TOEFL dengan nilai minimal 500 (atau IELTS dengan nilai minimal 6.0) akan mendapat pertimbangan khusus;
3. Aktif dalam organisasi kemahasiswaan atau sosial kemasyarakatan;
4. Aktif menggunakan media sosial.

Dokumen yang harus diunggah:
1. Curriculum vitae (File PDF maks 1MB);
2. Surat Rekomendasi dari Dekan/Rektor/Pimpinan perguruan tinggi (File PDF maks 1MB);
3. Surat Pernyataan diatas materai tentang kesediaan untuk mengikuti seluruh rangkaian acara BDSC II di Bali mulai tanggal 5 – 8 Desember 2018 (File PDF maks 1MB);
4. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Mahasiswa yang masih berlaku (File JPG maks 1MB);
5. Pasfoto (File JPG maks 1MB);
6. Sertifikat TOEFL/IELTS (bila ada);
7. Tulisan dalam Bahasa Inggris mengenai pandangan calon peserta tentang Demokrasi dan Kesejahteraan maksimal 650 kata atau 2 halaman (font: arial 11, spasi: 1,5) (File DOC maks 1MB);
8. Video Profile berdurasi 30 detik yang diunggah ke akun media sosial (tautan dicantumkan pada formulir pendaftaran). Video disampaikan dalam bahasa Inggris berisi:
      a.  Nama dan perguruan tinggi;
      b.  Pandangan singkat mengenai Demokrasi untuk mewujudkan Kesejahteraan.

Pendaftaran dibuka mulai tanggal 17 September 2018 sampai dengan 22 Oktober 2018 pukul 24.00 WIB. Dokumen yang telah disampaikan secara elektronik merupakan dokumen final yang tidak dapat diubah lagi.

Panitia akan melakukan seleksi terhadap lamaran yang masuk berdasarkan kelengkapan dokumennya.

Calon peserta yang terpilih akan diberitahukan melalui email pada tanggal 2 November 2018.

Keputusan Panitia tidak dapat diganggu gugat.

Bagi mahasiswa yang terpilih menjadi peserta, Panitia akan menanggung biaya:
  ⦁  Tiket PP Domestik dari Jakarta/Kota tempat studi di Indonesia ke Bali;
  ⦁  Akomodasi twin shared selama 3 malam di Bali (5 – 8 Desember 2018);
  ⦁  Transportasi lokal (bandara-hotel dan hotel-venue pp)
  ⦁  Konsumsi selama kegiatan

Read 11804 times